Baliyoni
Menu
Kategori
Merek

Perjalanan Suci dan Liburan PT. Baliyoni Saguna Group Ke Lombok

22-01-2018 16:32:34, Oleh: I Wayan Andis Indrawan, S.TI , Dibaca: 674

Perjalanan Suci dan Liburan PT. Baliyoni Saguna Group Ke Lombok

 

PT. Baliyoni Saguna Group melaksanakan kegiatan tirta yatra dan liburan ke Lombok. Acara ini merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilakukan setiap 1 (satu) Tahun sekali. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kesucian hati, pikiran dan keakraban. Acara ini tidak disia-siakan oleh seluruh pegawai untuk mengikuti kegiatan ini. Pegawai yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 70 orang. Kegiatan tirta yatra dan liburan berlangsung selama 3 (tiga) hari 2 (dua) malam, dari tanggal 23 Desember – 25 Desember 2017.

Pada hari Ke-1 tanggal 23 Desember 2017, seluruh rombongan pegawai PT. Baliyoni Saguna Group berkumpul dan berangkat melalui I Gusti Ngurah Rai International Airport Bali. Rombongan berkumpul di Lobby keberangkatan menunggu masuk ke dalam pesawat. Diselah-selah waktu menunggu diisi dengan foto-foto, bercanda gurau dan bermain. Penerbangan menggunakan maskapai Garuda Indonesia Airline pada pukul 11.am Wita. Seluruh rombongan akan sampai di Lombok International Airport pada pukul 12.pm Wita.

 

Seluruh rombongan sampai di Lombok International Airport dengan selamat. Terpancar kegembiraan dari wajah seluruh rombongan. Sesampai disana seluruh rombongan menikmati suasana penyambutan. Sambil menunggu bus penjemputan, rombongan melakukan  foto-foto bersama.

 

Selanjutnya menaiki bus untuk menuju Pura Suranadi di Lombok Barat, perjalanan di tempuh selama 1 (satu) jam. Sesampai di Pura Suranadi rombongan menikmati santapan makan siang yang sudah disiapkan oleh tour guide di rumah makan lokal. Santapan makan siang yang disajikan makanan khas Pulau Lombok yaitu, ayam taliwang, plecing kangkung, beberuk, dan masih banyak lagi. Konsep di rumah makan tersebut menggunakan tradisi megibung (makan bersama). Megibung membuat keakraban seluruh pegawai menjadi hangat dan kompak.

 

Sesudah selesai melakukan makan siang, rombongan mengambil baju ganti sembahyang di bus menuju Pura Suranadi. Sesampai di Pura Suranadi kita melakukan pelukatan dengan menggunakan kain putih kuning yang disediakan di sana. Pelukatan berguna membersihkan diri kita dari segala macam penyakit dan membersihkan diri dari segala hal yang berbau negative. Selesai melakukan pelukatan, rombongan mengganti pakaian menggunakan pakaian sembahyang untuk melanjutkan persembahyangan.

 

Selanjutnya perjalanan menuju Pura Narmada yang masih bertempat di Lombok Barat. Perjalanan menuju Pura Narmada dari Pura Suranadi membutuhkan waktu sekitar 45 menit menggunakan bus. Pura Narmada memiliki 2 (dua) pintu masuk bagian depan dan bagian samping kanan. Untuk para peserta tirta yatra menggunakan pintu bagian depan, jika kalau wisatawan menggunakan pintu bagian kanan. Seluruh rombongan sudah sampai di Pura Narmada, lalu menuju Penataran Agung untuk melakukan persembahyangan.

 

Pura Narmada juga memiliki sumber air awet muda yang di percaya penduduk setempat bisa membuat siapa pun yang meminumnya bisa menjadi 3 (tiga) Tahun lebih muda. Seluruh rombongan pun tidak melewati kesempatan ini, agar bisa menjadi lebih muda lagi. Tempat suber air awet muda ini berada di bawah Penataran Agung Narmada. Tempatnya yang kecil membuat rombongan harus berbaris satu persatu agar bisa melukat kecil dengan air awet muda ini. Sebelum melakukan pelukatan kecil, seluruh rombongan melakukan persembahyangan di depan pintu masuk sumber air awet muda.

Selanjutnya seluruh rombongan melanjutkan perjalanan ke Pura Linsar yang masih juga terdapat di Lombok Barat. Perjalanan menuju Pura Linsar dari Pua Narmada membutuhkan waktu sekitar 45 menit menggunakan bus. Sesampai rombongan di Pura Linsar, keadaan sudah malam hari dan cuaca mendung. Keadaan malam hari dan cuaca mendung tidak menghilangkan semangat untuk bersembahyang di Pura Linsar. Sambil menunggu pemangku mengaturkan sesajen, seluruh rombongan berbincang-bincang untuk menghangatkan suasana. Setelah pemangku mengaturkan sesajen, seluruh rombongan bersiap-siap melakukan persembahyangan.

Selesai persembahyangan di Pura Linsar, hujan perlahan-lahan turun. Seluruh rombongan masuk ke dalam bus, selanjutnya menuju rumah makan taliwang untuk menikmati santapan makan malam. Sesampai rombongan di rumah makan taliwang hujan semakin deras, membuat perut semakin lapar dan makanan terasa nikmat. Selesai menikmati santapan makan malam, seluruh rombongan langsung berangkat menuju Hotel Fave untuk beristirahat. Perjalanan ditempuh selama 30 menit. Sesampai di hotel seluruh rombongan dibagikan kunci oleh tour guide untuk kamar istirahatnya. Sebelum istirahat seluruh rombongan menyiapkan kado untuk acara tukar kado di Hari ke-2. Seluruh rombongan pun mulai istriahat untuk melanjutkan perjalanan di Hari ke-2.

Pada Hari Ke-2 tanggal 24 Desember 2017, seluruh rombongan pegawai PT. Baliyoni Saguna Group melanjutkan persembahyangan ke Pura Batu Bolong. Sebelum berangkat menuju Pura Batu Bolong, terlebih dahulu rombongan sarapan Pagi di Hotel Fave tempat seluruh rombongan menginap. Pada hari ke-2 ini hanya mengunjungi 1 (satu) Pura saja, dan dilanjutkan liburan ke Gili Trawangan jadi persembahyangan menggunakan selendang atau anteng saja. Sesampai di Pura Batu Bolong, rombongan bersiap-siap melakukan persembahyangan. Karena rombongan terlalu banyak, persembahyangan dilakukan bergantian. Selesai melakukan persembahyangan di Pura Batu Bolong seluruh rombongan melanjutkan perjalanan menuju Gili Trawangan.

 

 

Untuk menuju Pulau Gili Trawangan seluruh rombongan harus menggunakan speedboad. Seluruh rombongan langsung menuju tempat menaiki speedboad untuk menuju Pulau Gili Trawangan. Sesampai di tempat menaiki speedboad seluruh rombongan dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 9-10 orang, dikarenakan speedboad hanya bisa menampung 10 orang saja. Sambil menunggu giliran, rombongan melakukan foto-foto dan bercanda gurau satu dengan yang lainnya. Satu persatu kelompok menuju Pulau Gili Trawangan. Dalam mengarungi lautan menuju Pulau Gili Trawangan ombaknya sangat keras membuat suasana menjadi tegang dan seru.

 

Satu persatu kelompok dari PT. Baliyoni Saguna Group sampai di Pulau Gili Trawangan. Sesampainya di sana, seluruh rombongan berkumpul di Restoran Sama-Sama untuk diberikan arahan acara selanjutnya. Seluruh rombongan diberikan waktu 90 menit untuk berjalan-jalan di Pulau Gili Trawangan. Rombongan berjalan-jalan ada yang menggunakan cidomo, sepeda, dan berjalan kaki untuk berkeliling di Pulau Gili Trawangan.

 

Setelah puas bejalan-jalan menikmati pemandangan yang ada, rombongan kembali ke Restoran Sama-Sama untuk menikmati satapan makan siang. Seluruh rombongan menikmati santapannya sambil melihat pemandangan di pinggir pantai. Setelah selesai melakukan makan siang, seluruh rombongan menikmati Live Music yang ada di Restoran Sama-Sama.

 

Disela-sela acara musik, Ibu Dr. Ir. Ni Wayan Sri Ariyani, M.M. memberikan kesan dan pesan kepada seluruh rombongan PT. Baliyoni Saguna Group. Dilanjutkan dengan acara tukar kado yang dilakukan oleh seluruh rombongan. Dalam kegiatan tukar kado tersebut dilakukan agar seluruh rombongan bisa saling menghargai, meberi semangat dan menghormati satu sama lainnya. Selanjutnya menikmati kado yang didapatkan, sambil menikmati pemandangan di pinggir pantai. Selesai berlibur di Pulau Gili Trawangan, rombongan mulai kembali ke Pulau Lombok dengan menggunakan speedboad kembali.

 

Sesampai di Pulau Lombok rombongan melanjuti perjalanan ke tempat oleh-oleh khas Lombok. Sesampai di tempat perbelanjaan oleh-oleh, rombongan diberi waktu 30 menit untuk membeli oleh-oleh. Selanjutnya rombongan melakukan santapan makan malam di Lantai 2 tempat membeli oleh-oleh. Setelah menikmati santapan makan malam rombongan kembali ke Hotel Fave untuk beristirahat.

 

Pada Hari Ke-3 tanggal 25 Desember 2017, seluruh rombongan pegawai PT. Baliyoni Saguna Group melanjutkan liburannya ke Bukit Marese. Sebelum berangkat, seperti biasa rombongan melakukan sarapan di Hotel Fave dan langsung check out. Perjalanan dimulai menuju Bukit Marese dengan menggunakan bus. Sesampai di Bukit Marese, seluruh rombongan mengabadikan momentnya dengan berbagai gaya dan menikmati pemandangan dari atas bukit. Baru 30 menit melakukan foto-foto, cuaca tidak mendukung langsung terjadi hujan yang sangat lebat. Seluruh rombongan pun menuju bus agar tidak kehujanan, karena cuaca hujan langsung lanjut ke tujuan selanjutnya.

 

Seluruh rombongan lanjut ke rumah makan yang berada didekat Desa Adat Sade. Sesampainya di sana, seluruh rombongan menunggu makanan dihidangkan. Hidangan sudah siap semua, seluruh rombongan mulai menikmati santapan makan siang. Setelah makan siang, seluruh rombongan mulai melanjutkan perjalanannya ke Desa Adat Sade. Sesampai di sana, rombongan disambut oleh nyanyian dari anak-anak kecil setempat. Masuk lebih dalam dari desa tersebut rombongan disambut dengan tarian khas Desa Adat Sade. Kehormatan bagi rombongan PT. Baliyoni Saguna Group bisa mencoba tarian dari Desa Adat Sade tersebut. Selesai berkunjung dari Desa Adat Sade, rombongan langsung ke Lombok International Airport untuk pulang kembali ke Pulau Bali.

 

Sesampainya rombongan di Lombok International Airport, rombongan dibagi menjadi 3 (tiga) kelompok untuk penerbangan ke Bali. Seluruh rombongan mulai melakukan check in dan memasukan barang-barang ke bagasi pesawat. Seluruh rombongan menunggu panggilan untuk menaiki pesawat. Sudah cukup lama menunggu akhirnya pesawat tiba, dan seluruh rombongan masuk ke pesawat masing-masing menuju I Gusti Ngurah Rai International Airport. Sesampainya di Pulai Bali, seluruh rombongan pulang ke rumahnya masing-masing. Perjalanan yang tak terlupakan bagi seluruh rombongan.